a

Lorem ipsum dolor amet, modus intellegebat duo dolorum graecis

Follow Us

Wuffyland

Nggak Perlu Bingung Lagi Dalam Persiapan Menyambut Buah Hati, Wuffyland Punya Printable Chekclistnya loh!

Salah satu hal yang menyenangkan sekaligus membingungkan ketika kita telah memasuki trimester tiga adalah waktunya belanja kebutuhan bayi. Entah untuk anak pertama, ataupun kedua, yang namanya jalan-jalan ke toko peralatan bayi pasti jadi sesuatu yang menyenangkan bawaannya happy aja lihat benda lucu-lucu yang ada disana, berasa pengen dibawa pulang semuanya. Untuk yang kaum sultan mah bebas mau comot apa aja, tapi buat keluarga kecil yang masih punya beragam pos pengeluaran lainnya, kita musti lebih mawas diri ketika berada di toko peralatan bayi, agar tidak mudah tergoda dan akhirnya kalap hingga berakhir membeli barang-barang yang sebenarnya kurang dibutuhkan lalu kemudian menyesal.

Nah, untuk menghindari pengeluaran yang ngga perlu, kami punya dua tools yang bisa membantu mempermudah calon super mom dalam menyiapkan segala hal dalam menyambut buah hati. Kami membuat checklist kebutuhan bayi dalam dua versi :

  1. Versi simple, yang hanya berisi checklist saja dengan desain minimalis. Ini bisa kalian print atau dilihat saja secara digital dan di edit untuk menchecklist.
  2. Versi kolom yang lebih komplit karena udah ada ulasan yang didasarkan dari beragam blog tentang masing-masing item kebutuhan itu sebenernya beneran butuh atau enggak. Tapi tentu, kondisi tiap orang beda yah, itu bisa dijadikan bayangan dan pegangan aja sih.

Selain itu, ada juga nih beberapa tips-tips yang semoga bermanfaat seputar urusan persiapan ini :

  • Lihat checklist dan semua ngga harus dibeli baru loh. Karena kebutuhan bayi ini kepakeknya cepet loh, jadi bisa dijadikan opsi untuk memanfaatkan yang ada atau menggunakan lungsuran dari saudara. Selain hemat juga cinta lingkungan.
  • Fokus belanja yang untuk newborn dulu, untuk perintilan lain kayak mainan yang gede-gede, peralatan mpasi, bouncher, playmat, stroller, box, tas, ntaran aja dulu… Karena biasanya banyaaak yang ngadoin.
  • Cicil belanja dari awal, ini penting karena kita pasti butuh beberapa kali bolak balik sebelum akhirnya lengkap. Enak juga kalo masih dalam usia kandungan 7 bulanan gitu kita ga terlalu begah (jangan belanja last minutes yang berpotensi susah milih dan ga mood duluan karena perut udah gede). Dan belanja dari awal bikin kita ngga langsung syok sama pengeluaran tiba-tiba yang pasti nilainya ngga kecil. Pun, karena dari awal kita bisa membandingkan beberapa toko dan produk.
  • Banyakin beli warna netral, sometimes usg itu belum tentu bener. Banyak cerita orang udah nyiapin semua perintilan anak perempuan terus keluarnya anak laki-laki, mending beli yang netral aja. Boleh lah beberapa sesuai gender, tapi lebih banyak yang netral. Selain cari aman juga bisa di lungsurin ke adeknya nanti (makmakhemat).
  • Jangan terlalu banyak beli ukuran newborn, karena beneran deh bayi itu cepet gede banget. Apalagi kalo keluar-keluar udah gede. Ada juga cerita ibu yang bayinya keluar dan semua baju yang udah disiapin ngga muat huhu. Amannya sih beli untuk usia 3 monhts gitu deh, jadi meski pas masih newborn berasa kegedean tapi ngga bingung sampe beberapa bulan. Lebih hemat dan ga ribet gitu deh. Tapi gapapa beli beberapa yang pas ukurannya biar pas foto bagus, ngga kedodoran hahaha. Ohya, toh newborn kebanyakan kalo orang jawa masih suruh pakai bedong mulu, jadi baju sebenernya ga kelihatan bajunya meski lucu.
  • Peralatan mandi, detergen, pospak, beli ukuran kecil dulu. Karena kita ngga tau anak kita alergi atau engga. Dan biasanya yang ngadoin section ini itu banyaaaak banget.
  • Peralatan yang mahal coba sewa / minjem dulu. Ini kayak stroller, pompa, yang harganya bisa jutaan itu. Coba aja cari tau bener-bener sebelum memutuskan beli, biar bisa beneran beli yang terbaik sesuai kebutuhan kita. Karena produk bayi itu macamnya ada banyak banget, yang ditawarkan tiap brand juga beda-beda. Jangan sampai menyesal yah. Apalagi jaman sekarang banyak juga rental peralatan yang mahal-mahal, nggak bingung nyimpen lagi deh.
  • Selalu catat dan checklist, biar nggak overbudget. Biar bisa mawas diri. Biar bisa buat evaluasi.
  • Belanja minta dianter suami, kalo belum bisa kebeli semua listnya, paling ngga suami tau barang A itu yang mana, barang B itu yang mana, dkk. Itu jaga-jaga misal tetiba kita lahiran dan belum kebeli, suami bisa ngebeliin dan tau mana yang kita pengen.
  • Kalo pengen bener-bener ngerasain feel semua barang, belanja langsung di toko bayi offline. Biasanya yang saya beli online itu udah lihat barangnya dulu di toko offline, misal baju merk A, udah tau oh bahannya gini yayayaa saya cucoook! Terus ternyata cek di shopee lebih murah, yaudah deh sung belanja online. Karena sempet dikecewakan sama beberapa barang yang sebenernya belum tau bentuk fisiknya langsung pesen online. Ga sesuai bayangan huhu.

Mungkin kurang lebih itu aja sih tips-tips belanja kebutuhan bayi. Untuk printablenya bisa langsung di download di link yang ada dibawah ini yah.. Boleh banget buat di share ke teman atau saudara yang sedang hamil, biar manfaatnya lebih terasa ke makin banyak orang.

DOWNLOAD DISINI YAH KEDUA FILENYA

Terimakasih!

Hallo saya ghea, founder dari wuffyland yang jatuh cinta dengan segala hal terkait dunia anak. Ibu dari seorang anak yang masih dalam tahap belajar tentang serba-serbi pengasuhan. Suka menulis, memotret, dan membuat benda-benda handmade.

Post a Comment