a

Lorem ipsum dolor amet, modus intellegebat duo dolorum graecis

Follow Us

Wuffyland

https://wuffyland.com/wp-content/uploads/2020/09/membiarkan-anak-perempuan-marah.jpg

Tips dan Trik Mengatasi Si Kecil Marah

Apa Itu Emosi?

Kebanyakan dari kita sebagai orang dewasa pasti masih mengira bahwa emosi adalah suatu bentuk kemarahan, kekesalan, ataupun hal negatif lainnya yang timbul pada diri manusia. Sebenarnya, emosi bukan hanya tentang kemarahan tetapi juga senang, serta sedih. Emosi sendiri adalah suatu bentuk reaksi seseorang apabila ia mengalami sebuah interaksi, bisa senang, sedih, marah, dan lain-lain.

Emosi sudah muncul sejak kita dilahirkan dan akan berkembang seiring dengan bertambahnya usia dan apa yang kita lihat di lingkungan. 

sumber : https://asset-a.grid.id/crop/0x0:0x0/700×465/photo/novafoto/original/77720_begini-cara-ajari-anak-mengenal-dan-mengendalikan-emosinya.jpg

Emosi Balita.

Di usianya yang masih belia, si kecil belum bisa menyampaikan apa yang ada di dalam isi kepalanya dengan sempurna, ia akan menyampaikannya melalui emosi, entah dengan emosi kesenangan maupun kesedihan bahkan kemarahan. Tak jarang ibu-ibu merasa bingung dengan apa yang diinginkan si kecil sampai pada akhirnya apa yang diinginkan si kecil tak sesuai dengan apa yang kita berikan. Hal tersebut tentunya menimbulkan kekesalan atau kemarahan si kecil

Contohnya ketika masih bayi dan ia hanya bisa meluapkan emosinya dengan menangis. kita sebagai ibu pasti bingung dengan apa yang si kecil inginkan. Pasti yang bisa kita lakukan yaitu memberinya asi atau mengecek apakah si kecil sedang buang air. 

Apabila sering terjadi ketidakserasian antara keinginan dan apa yang kita berikan, maka tak heran jika si kecil sering marah. Lalu berujung pada peristiwa yang biasa kita sebut dengan tantrum. Keadaan dimana si kecil menunjukkan kemarahannya dengan meledak-ledak dan biasanya juga disertai dengan “atraksi” menangis, menjerit, bahkan melempar barang-barang. 

Kita sebagai orang tua harus membantu untuk meredakan keadaan tersebut, agar si kecil lebih bisa mengendalikan emosinya di masa mendatang. 

Kenalkan Bentuk Emosi pada Anak.

sumber : https://asset.kompas.com/crops/oGqjYfBVUNBTUJFPTeqhDetGN2s=/0x14:1000×680/750×500/data/photo/2018/05/14/3128054911.jpg

Meskipun sebenarnya si kecil belum sepenuhnya paham dengan apa yang kita sampaikan, setidaknya kita harus selalu memberinya pengertian, termasuk apa itu emosi dan juga cara mengatasinya. 

Untuk mempermudah kita bisa memberinya pengertian setiap emosi dengan ekspresi. Apabila marah itu mengernyitkan dahi, bahagia dengan senyum lebar, serta menangis dengan mengepalkan kedua tangan di bawah mata.

Berikut Tips dan Trik untuk Menangani Si Kecil agar Tidak Mudah Marah :

  1. Jaga komunikasi dengan si kecil.

Selalu ajak si kecil berbicara dan bercerita dalam hal apapun, dengan begitu ia akan merasa diikutsertakan dalam hal apapun. Meskipun mungkin apa yang kita sampaikan kurang dimengerti si kecil, setidaknya ia lebih mampu menyampaikan apa yang ada di pikirannya.

  1.  Ketahui penyebab kemarahan si kecil.

Ketika kita mengenali dan sering mengajak ia berkomunikasi, kita akan mudah mengetahui apa yang si kecil inginkan termasuk apa penyebab kemarahannya. 

  1. Menjadi role model 

Orang tua akan selalu menjadi contoh anak. Apapun yang orang tua lakukan ditiru oleh anak. Kita sebagai orang tua harus lebih berhati-hati dalam melakukan semua hal, termasuk saat ibu-ibu sedang marah. Kendalikan emosi kita dengan baik terutama saat berhadapan dengan anak.

Setiap anak pasti memiliki cara tersendiri dalam meluapkan emosinya, ada yang meluapkan ekspresi kesalnya dengan meledak-ledak, ada juga yang hanya diam. Kita sebagai orang tua hendaknya mengenalkan dan melatih anak dengan berbagai macam emosi agar kelak ketika ia dewasa mudah mengendalikan emosinya. 

Hola! Call me Pipin/Fitria/Irfin. i'm 20 years old. Selain bergabung dengan wuffyland, saya adalah mahasiswi universitas muhammadiyah malang prodi ilmu komunikasi. saya sangat menyukai anak kecil dan menulis. menulis apapun itu dan dimanapun. have a nice day, everyone! >_<

Post a Comment