a

Lorem ipsum dolor amet, modus intellegebat duo dolorum graecis

Follow Us

Wuffyland

Aktivitas Menyenangkan di Dapur Bersama Anak

Dalam keadaan suasana new normal ini pastinya ibu-ibu memiliki rasa was-was yang lebih tinggi saat keluar rumah, terlebih jika si kecil yang mulai penasaran terhadap lingkungan sekitarnya pasti ia akan mengamati bahkan menyentuh benda tersebut. Pastinya rasa khawatir kita bertambah tinggi kan bu?

Saat anak mulai penasaran dengan lingkungannya, ibu-ibu pasti ingin membawanya keluar rumah dan mengenalkan segala hal kepada si kecil. Kita ingin mengajaknya bermain di playzone, mengikuti kelas ketrampilan, ataupun playdate. Tapi karena keadaan saat ini kurang memunginkan kita untuk keluar rumah dan melaksanakan hal tersebut.

Beraktivitas di Dapur Bersama si Kecil

sumber : https://statik.tempo.co/data/2016/11/16/id_556596/556596_620.jpg

Sebagai ibu rumah tangga pastinya kita selalu mengurus semua pekerjaan rumah, dari membersihkan rumah, memasak, dan juga mengurusi si kecil. Apalagi jika anak telah memiliki rasa penasaran yang tinggi, pastinya ia akan melihat bahkan menirukan semua aktivitas yang kita lakukan meskipun itu berbahaya.

Di waktu senggang, ibu-ibu pasti selalu memprioritaskan beraktivitas bersama kecil, memastikan apa yang dilakukan si kecil tidak berbahaya dan tentunya aktivitas tersebut bermanfaat bagi tumbuh kembangnya. Yuk kita isi waktu luang dengan mengenalkan aktivitas yang biasa kita lakukan, yaitu memasak. Meskipun terdengar sedikit berbahaya, tapi kita bisa mengajak si kecil untuk melakukan hal-hal kecil di dapur. 

Apa Saja Sih Aktivitasnya?

  1. Mengoles Selai 

Yuk ajak si kecil untuk mengoles selai di atas roti yang akan ia makan. Aktivitas mengoles selai mungkin sederhana bagi orang dewasa, namun tidak bagi si kecil. selain melatihnya untuk mandiri, mengoles selai juga dapat melatih konsentrasi anak. Dimana ia diharuskan untuk mengoles selai tepat di atas roti dan sebisa mungkin tidak meluber hingga luar roti hehehe. 

  1. Memasukkan bahan adonan roti

Dengan memasukkan tepung, gula, atau bahan kue lainnya akan menambah pengetahuan si kecil mengenai bahan kue dan bahan dapur lainnya, serta menambah kemampuan daya ingat si kecil dalam menerima suatu materi.

  1. Mengaduk adonan roti

Selanjutnya kita ajak si kecil untuk mengaduk adonan roti. Hal ini juga bermanfaat bagi si kecil karena dengan mengaduk adonan roti, kekuatan otot tangan si kecil akan bertambah. 

  1. Memasukkan adonan ke dalam cetakan

Pastikan bentuk cetakannya yang lucu dan bermacam-macam ya bu atau karakter kartun kesukaan si kecil. Karena dengan menyediakan cetakan yang lucu dan sesuai dengan kesukaannya akan menambah semangat si kecil. Selain itu, dengan mengajak si kecil memasukkan adonan ke dalam cetakan akan menambah kemampuan konsentrasi dan kerapian si kecil.

  1. Menggiling adonan

Sediakan alat penggiling adonan yang kids friendly ya bun hehe. Menggiling adonan dapat menambah kemampuan motorik dan kekuatan otot si kecil. 

  1. Mencuci buah atau sayur

Mencuci buah dan sayur melatih si kecil menjaga kebersihan. Juga mengenalkan si kecil bahwaanya apapun yang akan kita konsumsi harus bersih dan bebas dari kuman.

Beraktivitas di dapur memang menyenangkan, ketika ibu dan anak saling bekerja sama membua sebuah karya berupa kue atau makanan lainnya. Tentunya, selain menyenangkan kegiatan di dapur akan melatih kekuatan otot-otot si kecil. Tetapi, dalam aktivitas ini harus tetap dalam pengawasan ya, bun! Karena bagaimana pun di dapur ada banyak benda tajam yang berbahaya.

Sampai jumpa dan selamat mencoba.

Hola! Call me Pipin/Fitria/Irfin. i'm 20 years old. Selain bergabung dengan wuffyland, saya adalah mahasiswi universitas muhammadiyah malang prodi ilmu komunikasi. saya sangat menyukai anak kecil dan menulis. menulis apapun itu dan dimanapun. have a nice day, everyone! >_<

Post a Comment