a

Lorem ipsum dolor amet, modus intellegebat duo dolorum graecis

Follow Us

Wuffyland

Tips Penuhi Serat Si Kecil Per Hari

Galau dengan anak yang suka pilih-pilih makanan? Apalagi jika si kecil tidak menyukai sayur atau buah. Wah, pastinya kita harus memutar otak agar si kecil menyukai keduanya.  Sayur mungkin menjadi salah satu bahan makanan yang tidak disukai anak. Selain karena rasanya yang hambar, mungkin tekstur sayur juga mempengaruhi alasan banyak anak kurang menyukai sayur. 

sumber : https://doktersehat.com/wp-content/uploads/2018/07/Fitonutrien-buah-sayur-doktersehat-2.jpg

Sayur dan serat adalah sumber kebutuhan serat. Namun keduanya mungkin sering ibu-ibu hindari karena takut jika si kecil tidak suka. Banyak dari ibu-ibu juga masih beranggapan bahwasanya karbohidrat, lemak, dan protein sudah cukup untuk si kecil serta rasanya yang lebih enak daripada sumber serat. Akibatnya banyak anak yang masih kekurangan serat dan kelebihan protein, karbohidrat, dan lemak di tubuhnya.

Serat menjadi salah satu komponen penting dalam tubuh, salah satunya yaitu untuk memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit lalu apabila sejak kecil ia kekurangan serat dapat menyebabkan kanker usus besar dalam jangka panjang. Bahaya bukan, bu? 

Kebutuhan serat anak berbeda-beda tergantung usianya. Semakin besar anak, semakin banyak kebutuhan seratnya. Berikut daftar kebutuhan serat anak tergantung usianya : 

  • 0 sampai 6 bulan   : kebutuhan serat sudah tercukupi dengan ASI
  • 7 sampai 11 bulan : 11 gram serat per hari
  • 1 sampai 3 tahun   : 16 gram serat per hari
  • 4 sampai 6 tahun : 22 gram serat per hari
  • 7 sampai 9 tahun   : 26 gram serat per hari

Nah, berikut tips memenuhi kebutuhan serat anak :

  1. Biasakan anak mengkonsumsi sayur dan buah sejak ia MPASI

Mulai kenalkan anak dengan sayur dan buah sejak ia menerima Makanan Pendamping ASI (MPASI). Karena dengan mengenalkan sayur dan buah sejak dini, kelak ia akan terbiasa dengan rasanya bahkan menyukainya.

  1. Sediakan beragam variasi makanan.

Menyediakan makanan yang berbeda setiap harinya membuat anak tidak mudah bosan. Oiya bu, Anda dapat melihat berbagai macam resep MPASI di blog kami juga.

  1. Gantilah cemilan anak dengan buah atau kacang-kacangan.

Apabila anak terbiasa dengan camilan buah atau kacang-kacangan, maka ia akan terbiasa dengan rasa buah dan kacang-kacangan. Atau ibu bisa membuat cemilan dari sayuran atau kacang-kacangan sendiri, jadi rasanya menyesuaikan dengan kesukaan si kecil.

  1. Beri reward kepada si kecil.

Apabila sebelumnya si kecil kurang menyukai sayur, maka cobalah untuk membujuk si kecil dengan memberinya reward apabila berhasil makan sayur atau buah dalam sehari. Cara ini mungkin lumayan efektif, karena dengan memberikan reward, maka si kecil akan terpacu untuk mengkonsumsi sayur atau buah.

Selera makan setiap orang memang berbeda, apalagi dengan si kecil. Kita sebagai orang tua hendaknya memenuhi kebutuhan serat, karbohidrat, lemak, dan protein yang cukup di setiap harinya agar kelak si kecil terhindar dari gangguan pencernaan.

Hola! Call me Pipin/Fitria/Irfin. i'm 20 years old. Selain bergabung dengan wuffyland, saya adalah mahasiswi universitas muhammadiyah malang prodi ilmu komunikasi. saya sangat menyukai anak kecil dan menulis. menulis apapun itu dan dimanapun. have a nice day, everyone! >_<

Post a Comment