a

Lorem ipsum dolor amet, modus intellegebat duo dolorum graecis

Follow Us

Wuffyland

Yuk, ajak si kecil menabung!

Mengajarkan kebiasaan positif anak di waktu kecil akan melatihnya untuk lebih mandiri saat ia dewasa. Pengalaman di masa kecil dapat membentuk kebiasaan di masa depan, salah satunya yaitu kebiasaan menabung. Mengajari anak untuk menabung mungkin mudah mudah sulit. Karena kita harus sabar mengenalkan anak mengenai apa itu menabung, apa tujuannya, dan apa manfaatnya. 

Sebelumnya mengajari anak menabung, yuk ibu-ibu kita ketahui apa manfaat mengajari anak menabung :

  • Melatih hidup berhemat

Menabung sama artinya dengan menyisihkan sedikit uang kita untuk disimpan dan digunakan apabila kita benar-benar membutuhkannya. Dengan mengenalkan kebiasaan menyisihkan uang untuk ditabung kepada si kecil, kelak si kecil akan terbiasa hidup hemat dan menyisihkan sedikit uangnya untuk ditabung.

  • Melatih kedisiplinan

Mungkin sulit untuk melatih ketekunan dan kedisiplinan bagi si kecil. Dengan melatih si kecil untuk selalu menabung sama artinya ibu-ibu juga mengajarkan kebiasaan disiplin si kecil.

  • Melatih si kecil mandiri mengatur keuangannya sendiri

Dengan melatih si kecil menabung sedari kecil, si kecil akan terbiasa mengatur keuangannya sendiri. SI kecil akan terbiasa membagi uangnya untuk membeli snacks, membeli kebutuhannya, dan uang untuk ditabung.

  • Kebiasaan menabung saat dewasa

Apapun yang akan dilakukan si kecil secara berulang akan menjadi kebiasaannya di masa mendatang. Apabila si kecil terbiasa menabung di waktu kecil, maka hal tersebut akan terbiasa menabung ketika ia dewasa.

  • Melatih kesabaran dan menghargai uang

Selain untuk mengumpulkan uang, menabung juga dapat melatih si kecil nilai kesabaran. Dimana si kecil harus sabar menunggu uang yang ia kumpulkan mencapai target

Setelah ibu-ibu mengetahui manfaat dari menabung, yuk kita latih si kecil untuk menabung. Berikut tips melatih si kecil kebiasaan menabung :

  1. Peribahasa “tak kenal, maka tak sayang” juga berlaku untuk melatih si kecil kebiasaan menabung. Karena dengan mengenalkan si kecil apa itu menabung, apa manfaatnya, dan bagaimana tujuannya si kecil anak “sayang” dengan kebiasaan menabung dan terlatih untuk selalu menyisihkan uangnya untuk ditabung.
  1. Membelikan tempat menabung sesuai karakter kesukaan si kecil akan membuat si kecil lebih bersemangat menabung. Contohnya si kecil menyukai karakter doraemon, maka ibu-ibu membelikan wadah menabung dengan bentuk dan gambar doraemon agar si kecil lebih semangat belajar.
  1. Memberikan jatah uang kepada anak setiap hari atau setiap minggu lalu mengajak si kecil untuk menyisihkan sedikit uangnya untuk ditabung.
  1. Membuat target menabung. Anak akan lebih bersemangat apabila ia memiliki target, untuk membeli makanan, mainan, atau hal lain kesukaan si kecil. Dengan memiliki target menabung, si kecil akan mengetahui sampai kapan ia akan menabung.
  1. Orang tua akan selalu dicontoh oleh anak, termasuk bagaimana cara ibu-ibu mengatur dan menyisihkan uang. Sekali-kali ibu-ibu dapat memperlihatkan kepada si kecil pada saat menabung, atau ibu-ibu juga bisa membeli tabungan yang sama dengan si kecil lalu mengajak si kecil untuk menabung bersama.
  1. Berikan reward apabila si kecil disiplin menabung. Dengan memberi si kecil reward, maka rasa semangat untuk menabung si kecil akan bertambah. Reward di sini kalau bisa berbeda dengan target yang dibuat si kecil yah bun.

Wah, terlihat lumayan sulit dan repot yah bun. Tetapi kita pasti bisa melatih di kecil, asalkan ibu-ibu selalu telaten dan sabar. Karena apabila si kecil terbiasa menabung saat kecil akan membangun kebiasaan menabung dan mengatur financial si kecil di masa depan. Selain itu, kelak si kecil akan lebih menghargai uang. Ketika usia si kecil mulai menginjak usia 6 tahun, ibu bisa mengajak si kecil untuk menabung di bank.

yuk, ajak si kecil untuk menabung bun!

Hola! Call me Pipin/Fitria/Irfin. i'm 20 years old. Selain bergabung dengan wuffyland, saya adalah mahasiswi universitas muhammadiyah malang prodi ilmu komunikasi. saya sangat menyukai anak kecil dan menulis. menulis apapun itu dan dimanapun. have a nice day, everyone! >_<

Post a Comment