a

Lorem ipsum dolor amet, modus intellegebat duo dolorum graecis

Follow Us

Wuffyland

Untuk Si Kecil, Pilih Gula atau Madu?

Siapa sih yang tidak menyukai rasa manis? Pasti kebanyakan menyukai rasa manis, bukan? Apalagi ketika ibu-ibu masih kecil, pasti banyak yang menyukai coklat karena rasanya yang manis. Tak jarang, karena terlalu sering mengkonsumsi makanan manis dan lupa sikat gigi, gigi kita mengalami keropos atau sakit gigi.

Mengkonsumsi gula saat ini seperti menjadi suatu kewajiban, hampir semua makanan dan minuman mengandung gula. Namun, saat ini banyak orangtua yang mengganti konsumsi gula putih dengan gula merah atau madu. Hal tersebut terjadi karena mereka menganggap madu atau gula merah lebih aman untuk si kecil daripada gula pasir.

Usia berapa si kecil konsumsi madu?

Di dalam madu mengandung 40% fruktosa, 30% glukosa, air dan beberapa jenis vitamin. Maka dari itu memberikan sedikit madu sudah terasa manis.

Konsumsi madu atau gula sebenarnya tidak boleh sembarangan diberikan kepada si kecil. SI kecil diperbolehkan mengkonsumsi madu atau gula ketika ia berusia satu tahun ke atas. Namun, pemberian madu untuk si kecil juga jangan terlalu sering yah bun. Ibu-ibu bisa memberikan si kecil madu per 4 hari sekali atau seminggu sekali. 

Ketika anak mulai MPASI berilah “rasa manis” di makanannya berasal dari sari buah. Pemberian madu atau gula kepada si kecil yang berusia dibawah 1 tahun akan sangat beresiko.

Mengapa beresiko? Karena di usia tersebut si kecil rentan keracunan madu atau botulisme yang disebabkan oleh bakteri Clostridium botulinum

Apa sih manfaat madu untuk si kecil?

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dalam madu mengandung kalium, vitamin C, dan berbagai mineral sehat sebagai sumber antioksidan yang dapat mencegah berbagai penyakit.

  1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Di dalam madu mengandung prebiotik alami yang dapat meningkatkan jumlah bakteri alami di dalam sistem pencernaan si kecil. Akibatnya, sistem pencernaan si kecil akan lebih sehat, nafsu makan meningkat, dan juga terhindar dari berbagai penyakit. 

  1. Sumber energi

Banyak anak yang menyukai rasa manis. Madu mengandung gula yang alami, yaitu glukosa, fruktosa, laktosa, dan sukrosa. Kandungan gula alami ini sebenarnya dapat diperoleh dari karbohidrat sebagai sumber energi anak.

  1. Mempercepat penyembuhan luka

Ketika si kecil mulai berjalan pastinya ia akan terus berjalan. Bahkan tak jarang ia akan mengalami kesandung. Dan hal yang paling ibu-ibu takutkan yaitu ketika si kecil terluka. Nah, madu sendiri dapat menyembuhkan luka loh bu. Caranya yaitu oleskan madu di atas luka tersebut.  

Hola! Call me Pipin/Fitria/Irfin. i'm 20 years old. Selain bergabung dengan wuffyland, saya adalah mahasiswi universitas muhammadiyah malang prodi ilmu komunikasi. saya sangat menyukai anak kecil dan menulis. menulis apapun itu dan dimanapun. have a nice day, everyone! >_<

Post a Comment