a

Lorem ipsum dolor amet, modus intellegebat duo dolorum graecis

Follow Us

Wuffyland

Si Kecil Demam? Kompres Air Dingin atau Hangat?

Setiap orang pasti pernah terjangkit demam, termasuk si kecil. Demam sendiri yaitu keadaan dimana suhu tubuh mengalami kenaikan di atas suhu normal. Suhu dikatakan naik apabila melebihi 38 derajat celcius. Perlu kita ketahui bahwa demam itu bukan penyakit yah bun, tapi demam itu suatu gejala dari penyakit. Naiknya suhu tubuh atau demam ini adalah reaksi tubuh untuk memerangi infeksi yang sedang melawan tubuh.

Nah, apa sih yang biasa ibu-ibu lakukan apabila si kecil demam? 

Karena demam sendiri bukan suatu penyakit dan apabila kenaikan suhunya tidak terlalu tinggi, banyak dokter yang menyarankan untuk membiarkan suhu tersebut turun sendiri. Namun, apabila kenaikan suhu tubuh tinggi maka dianjurkan untuk segera membawa si kecil ke dokter.

Lalu pernahkan ibu-ibu mengompres si kecil apabila terjadi demam? Meletakkan kompres di dahi merupakan tradisi penyembuhan demam yang sudah ada sejak lama. Tetapi masih banyak dari ibu-ibu masih salah dalam mengompres si kecil, yaitu tentang penggunaan air panas atau dingin.

Kompres dengan air panas atau dingin?

Penggunaan air pada saat mengompres ternyata masih banyak yang salah. Menggunakan air panas atau dingin ya ketika si kecil demam? Atau ketika si kecil tersandung dan mengalami sedikit cedera dikompres pakai air apa ya? Hangat atau dingin?

Penggunaan air hangat atau dingin pada saat melakukan kompres memiliki manfaat yang berbeda. 

Lalu, untuk meredakan demam menggunakan air dingin atau hangat?

Banyak dari ibu-ibu yang menggunakan kompres air dingin pada saat demam. Ternyata penggunaan air dingin untuk kompres si kecil yang demam merupakan suatu kesalahan. Karena pada saat suhu tubuh hangat, hal itu menunjukkan tubuh sedang melakukan suatu pertahanan diri. Jika ibu-ibu menggunakan air dingin saat mengompres si kecil tubuh akan mengira hal tersebut sebagai ancaman dan mengirimkan sinyal ke otak untuk menaikkan suhu tubuh. Akibatnya, suhu tubuh bukan menurun tetapi akan semakin naik (semakin panas). 

Oiya bu, air untuk kompres si kecil saat demam pastikan hanya hangat ya, bukan panas. Lalu letakkan pada dahi, lipatan ketiak, atau paha agar panas tubuh cepat menurun. Kompres sekitar 10 menit, apabila handuk sudah mulai dingin rendam kembali dengan air hangat hingga suhu tubuh menurun. 

Oiya bu, air untuk kompres si kecil saat demam pastikan hanya hangat ya, bukan panas. Lalu letakkan pada dahi, lipatan ketiak, atau paha agar panas tubuh cepat menurun. Kompres sekitar 10 menit, apabila handuk sudah mulai dingin rendam kembali dengan air hangat hingga suhu tubuh menurun. 

Untuk apa kompres air dingin?

Kompres air dingin digunakan apabila terjadi pembengkakan atau cedera. Karena suhu rendah dapat mempersempit aliran darah menuju bagian yang cedera. Akibatnya inflamasi atau peradangan melambat dan jaringan bengkak serta cedera berkurang. 

bagaimana sih cara mengompres menggunakan air dingin? caranya sangat mudah dan hampir sama seperti kompres dengan air hangat. Pertama, siapkan lap atau handuk untuk mengompres. Kedua, celupkan lap ke dalam air dingin (bukan air es atau air beku). Lalu, letakkan kain tersebut di daerah yang cedera selama 20 menit berulang.

Nah, itulah perberdaan fungsi dari mengkompres menggunakan air dingin dan air hangat. semoga bermanfaat!

Hola! Call me Pipin/Fitria/Irfin. i'm 20 years old. Selain bergabung dengan wuffyland, saya adalah mahasiswi universitas muhammadiyah malang prodi ilmu komunikasi. saya sangat menyukai anak kecil dan menulis. menulis apapun itu dan dimanapun. have a nice day, everyone! >_<

Post a Comment