a

Lorem ipsum dolor amet, modus intellegebat duo dolorum graecis

Follow Us

Wuffyland

3 Simple but Magic Words

MAAF, TOLONG, dan TERIMA KASIH. 3 simple but magical words . Jangankan si kecil, orang dewasa aja masih banyak yang mengabaikan 3 kata ini loh! Bunda pasti pengen kan kalo si kecil tumbuh menjadi anak baik?! Nah, untuk itu bunda sebagai sekolah pertama untuk si kecil wajib nih hukumnya buat mengajarkan 3 kata ini sedari dini agar menjadi kebiasaan baik hingga besar nanti. Membiasakan 3 kata ini pada si kecil dapat membantu peningkatan memori, atensi, dan bahasa si kecil.

Kenali 3 Magic Words

Hal pertama yang harus bunda lakukan yaitu mengenali makna 3 simple words kemudian mulai menjelaskannya kepada si kecil. 

MAAF

Kata maaf ini penting banget bun! si kecil harus diajarkan dan dibiasakan untuk meminta maaf saat berbuat salah agar si kecil dapat bertanggung jawab atas perbuatannya dan meningkatkan rasa sosialnya. Ngga mudah loh Bun melontarkan kata maaf, karena setiap anak punya rasa gengsi dan sulit banget buat ngalahinnya. Bunda bisa menerapkan kata “maaf” dalam komunikasi sehari-hari dengan keluarga seperti “maaf ya, mama matikan dulu HP-nya karena sekarang adek harus tidur”.  Selain itu juga bisa melalui cerita atau lagu agar si kecil lebih mudah menirukannya.

TOLONG

Jangan lupa juga untuk mengajarkan dan membiasakan si kecil mengucapkan kata “tolong” sebelum meminta bantuan ya bun! Bunda bisa melontarkan kata tolong setiap hari pada si kecil agar si kecil bisa mencontohnya. Penggunaan kata tolong ini berguna banget agar si kecil tahu bahwa kita manusia sosial yang akan selalu membtuhkan orang lain, selain itu agar ia lebih menghargai orang-orang sekitarnya dan tidak memerintah seenaknya. Bunda bisa mencontohkan seperti “adek, bunda minta tolong untuk dibantu mencuci timun ini ya”.

TERIMA KASIH

Satu lagi nih yang ngga boleh dilupain “terima kasih”! Berikan penjelasan pada si kecil bahwa ia harus mengucapkan kata “terima kasih” saat menerima sesuatu dari orang lain, baik itu barang ataupun pertolongan, baik itu yang kita suka maupun yang kurang kita suka. Melalui kata terima kasih ini si kecil daat menjadi pribadi yang rendah hati dan selalu menghargai orang lain. 

Membiasakan Si Kecil dengan 3 Magic Words

  1. Ajarkan secara berulang

Bunda harus memulai dari diri bunda sendiri dengan membiasakan mengucapkan “maaf, tolong, dan terima kasih” dalm komunikasi sehari-hari. Apabila bunda terbiasa mengucapkan 3 kata in secara beru Hal ini sangat penting karena apabila si kecil mendengar kata-kata tersebut secara berulang setiap hari maka ia akan menjadi ingat, terbiasa dan meniru kata-kata tersebut. Bahkan bunda bisa melatih ini sejak sejak di dalam kandungan loh!

  1. Ajarkan melalui kegiatan seru

Mengajarkan sesuatu pada si kecil itu harus dengan hal-hal yang menyenangkan dan seru bun karena si kecil itu mudah bosan dengan suatu hal. So, bunda harus memiliki banyak alternatif agar dalam mengajarkan 3 magic words ini si kecil dapat mengikuti ajaran bunda dengan senang  dan sepenuh hati. Beberapa contoh alternatif kegiatannya yaitu bisa melalui lagu atau permainan. Saat ini banyak loh bun lagu-lagu dan permainan edukasi yang tersebar di dunia maya yang dapat membantu bunda dalam mengajarkan 3 magic words ini pada si kecil.

Nah, itu dia bun pentingnya 3 magic words dan cara membiasakan si kecil mengucapkan kata-kata tersebut. Jangan lupa tetap biasakan berkomunikasi dengan baik agar si kecil juga dapat mencontoh dan menerapkan dalam kehidupannya.

Thank you for stopping by Wuffyland’s website ❤️

Post a Comment