a

Lorem ipsum dolor amet, modus intellegebat duo dolorum graecis

Follow Us

Wuffyland

ATURAN MAKAN UNTUK TUMBUH KEMBANG SI KECIL

Pertumbuhan yang sehat dan normal merupakan harapan tiap para orang tua. Ternyata, selain memberikan makanan yang bergizi tinggi, pengaruh tumbuh kembang si kecil juga dapat melalui aturan makan yang tepat. Karena itu, sangat penting untuk memahami dan menerapkan aturan makan yang tepat untuk anak loh Bun.

Aturan agar tumbuh kembang si kecil dapat optimal:

1. Jadwal makan yang rutin

Menetapkan jadwal makan yang yang konsisten dapat membantu si kecil memahami konsep rasa lapar dan kenyang, serta mengembangkan kebiasaan makan yang sehat. Hal ini juga dapat mencegah resiko kelebihan berat badan (obesitas) pada anak.

2. Ajarkan anak untuk duduk tenang saat makan

Tentu hal yang normal bagi si kecil jika senang berlarian kesana-kemari. Tapi, ternyata perlu sekali untuk membiasakannya agar duduk tenang saat sedang makan.. Selain mengenalkannya pada adab, duduk tenang saat makan akan mencegah si kecil tersedak makanan. Hindari pula mengonsumsi makan berat atau camilan sambil menonton TV atau bermain gadget. Hal tersebut dapat menyebabkan konsumsi makanan berlebihan dan bisa berakibat pada obesitas.

3. Makan secara perlahan menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Physiology & Behavior, makan secara perlahan mendorong pengunyahan yang menyeluruh, sehingga dapat mengurangi asupan kalori dan mengontrol berat badan. Mengajarkan si kecil makan secara perlahan dapat mencegahnya untuk makan lebih banyak yang bisa mengakibatkan kenaikan berat badan berlebih.

4. Jangan paksa anak menghabiskan makananannya

Ketika si kecil dipaksa untuk menghabiskan makanannya, ia akan merasa tertekan dan dapat membuatnya kehilangan selera makan di kemudian hari, atau bahkan dapat mempengaruhinya sehingga memiliki gangguan makan. Ketika jadwal makan tiba, sajikan makanan untuk anak dalam porsi kecil. Kalau masih tidak dihabiskan, biarkan saja, tidak perlu memaksanya untuk menghabiskan makanan. Karena anak sudah belajar mengenal rasa kenyang dan tahu kapan berhenti makan.

5. Pastikan makanan yang dikonsumsi anak higienis dan aman

Selain memastikan anak mendapatkan nutrisi yang cukup, Bunda juga perlu menjamin kebersihan dan keamanan makanan yang dikonsumsi Si Kecil. Perhatikan kebersihan dan keamanan alat makan dan makanan agar tidak membahayakan kesehatan si kecil.

6. Biasakan anak untuk tidak memilih-milih makanan

Jangan biarkan si kecil memiliki perilaku memilih-milih makanan, atau picky eater, karena dapat menimbulkan berbagai masalah. beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi anak yang picky eater. Anda bisa menyajikan makanan dalam bentuk yang menyenangkan, misalnya bentuk kartun atau hewan favoritnya, agar anak tertarik untuk mencobanya. Lalu, sajikan makanan dalam porsi kecil terlebih dahulu, baru bertahap ke porsi yang lebih besar. Selain itu, buat waktu makan yang menyenangkan, seperti mengajaknya bercerita agar perhatiannya bisa teralihkan dari makanan.

Source: Canva Photos

Post a Comment