a

Lorem ipsum dolor amet, modus intellegebat duo dolorum graecis

Follow Us

Wuffyland

Mengajari Si Kecil untuk Terbiasa Meminta Maaf

Meminta maaf, tolong, dan mengucapkan terima kasih adalah hal-hal dasar dan penting untuk dilakukan dalam berkehidupan sosial. Oleh karena itu, dalam membiasakannya, kita perlu mengajari si kecil sejak dini. Lalu, kira-kira bagaimana ya caranya untuk menjadikan si kecil pribadi yang mudah meminta maaf?

1. Memberi Contoh

Orang tua merupakan sekolah pertama si kecil dan lingkungan keluarga adalah lingkungan yang paling dekat dengan si kecil. Oleh karena itu, contoh dari orang-orang sekitar, terutama orang tua sangat membentuk karakter yang ada pada si kecil. Wuffymoms dan wuffy dad dapat memberikan contoh dalam meminta maaf pada si kecil secara sederhana di rumah.

2. Menceritakan tentang empati

Salah satu sifat yang perlu dimiliki oleh seorang manusia adalah empati terhadap sesama. Sifat ini juga perlu diasah sejak kecil karena dalam menciptakannya, tidak ada pembelajaran formal dari sekolah. Wuffymom dan wuffydad dapat menceritakan empati secara sederhana kepada si kecil bisa melalui dongen atau film anak-anak yang ada.

3. Memberitahu tentang konsekuensi

Selain hal-hal diatas, yang tak kalah penting adalah memberitahukan tentang konsekuensi. Konsekuensi perlu diajarkan kepada si kecil agar ia tahu bahwa tidak semua yang ia inginkan dapat tercapai, dan setiap perbuatan memiliki dampak baik secara langsung maupun tidak langsung.

4. Beri reward ketika berbuat baik

Setelah si kecil mampu menerapkan hal-hal baik diatas, wuffymom dan wuffydad bisa memberikan reward-reward sederhana kepada si kecil. Wuffymom dan wuffydad mungkin bisa mengajaknya jalan-jalan ke kota, membeli es krim ataupun makan jajanan favoritnya!

Post a Comment