a

Lorem ipsum dolor amet, modus intellegebat duo dolorum graecis

Follow Us

Wuffyland

Menggunting punya banyak manfaat untuk si kecil!

“Masih kecil jangan main gunting”

“Eh awas itu guntingnya tajem! Nanti sakit loh kalo kena!”

Itulah kata-kata yang sering kita dengar ketika si kecil bermain gunting. Terkadang melihat si kecil bermain gunting membuat kita sebagai orang tua merasa was-was dan perlu menjauhkan gunting itu, meski aktivitas ini menyenangkan untuk si kecil. Tapi tau gak sih Bunda, ternyata aktivitas menggunting punya banyak banget manfaat untuk perkembangan si kecil? Kegiatan ini mulai bisa dikenalkan pada si kecil sejak usianya dua tahun, dengan manfaat yang beraneka macam, diantaranya:

  • Menggunting membantu si kecil untuk membangun otot kecil di telapak tangannya dengan menggerakkan jarinya terus menerus. Menggunting membantu si kecil untuk meningkatkan kemampuan motoriknya (kemampuan gerak atau mengoordinasikan otot tubuhnya dalam kegiatan sehari-hari). Kemampuan motorik ini penting sekali untuk tumbuh kembang si kecil. Pernah nggak Bunda melihat anak dengan tulisan tangan yang buruk? Bisa jadi ini dikarenakan kemampuan motoriknya yang kurang, ketika kemapuan ini tidak berkembang dengan baik maka akan membuat si kecil nantinya kesusahan melakukan aktivitas tertentu. 
  • Menggunting juga meningkatkan koordinasi antara tangan dan mata si kecil. Saat menggunting si kecil akan mengoordinasikan gerakan tangan yang memegang gunting dengan tangan lainnya yang memegang kertas serta mata yang melihat objek yang digunting. 
  • Meningkatkan kemampuan si kecil untuk bersabar, teliti dan kreatif.

Trus gimana nih cara mengajarkan menggunting yang aman untuk si kecil?

  • Pastikan si kecil dapat memegang barang dengan benar dan bisa menyeimbangkan koordinasi antara tangan kanan dan kirinya.
  • Jangan pernah berharap saat percobaan pertama si kecil bisa langsung menggunting sesuai dengan pola yang ditentukan, meski menggunting adalah hal yang mudah bagi kita, tapi tidak bagi si kecil. 

Ada beberapa nih permainan dari wuffyland yang bisa jadi teman bermain si kecil saat menggunting, yaitu : 

  1. Pretend Play Salon Rambut

Pada pretend play ini, si kecil bisa belajar menggunting dengan cara yang menyenangkan yaitu bermain peran sebagai penata rambut di salon. Tugas si kecil adalah memotong rambut sesuai dengan garis potong yang telah ada. Kegiatan ini tentu bisa menjadi lebih seru jika dilakukan aktivitas yang beruntun, mulai dari customer yang antri saat akan memotong rambut, melakukan potong, transaksi pembayaran, dan lainnya yang bisa disesuaikan dengan kreativitas Bunda dan si kecil. Setiap pembelian paket ini, akan dilengkapi dengan :

8 Gambar besar untuk potong rambut

4 gambar kecil dan memanjang

4 stick ice cream dengan solasi double tape foam yang bisa dipasang ke gambar kecil (jadi bisa menjadi boneka kertas juga nantinya)

1 Free Gunting Kids Friendly Warna Random

Pouch bermain untuk tempat penyimpanan

  1. Aktifitas menggunting dan menempel wuffyland Dengan Gunting dan Lem

atu paket lembar aktifitas wuffyland ini berisi 25 lembar aktifitas yang bermacam-macam tema, tetapi kesemuanya merupakan kegiatan menggunting dan menempel.

Semua aktifitas sudah kami klip masing-masing serta ada petunjuknya sehingga tidak perlu bingung lagi, tetapi sangat terbuka untuk di explore lagi sesuai kreatifitas bunda semua.

Beberapa kegiatan dalam series ini adalah :

– Menggunting dan menempel anggota tubuh

– Mengelompokkan hewan yang habitatnya di darat, air dan udara

– Menggunting dan menempel puzzle 6 keping

– Mengunting dan menempel aneka bangun datar

– Membuat rumah dari aneka bangun datar

– Mengelompokkan bangun datar

– Memasangkan arah dan warna

– Mencari pasangan wajah binatang

– Menempel buah

– Pola berulang dengan objek aneka planet

– Mengurutkan ukuran besar kecil

– Mengurutkan planet

Meskipun kelihatannya sepele, tapi ternyata banyak banget kan manfaat menggunting? Yuk kenalin si kecil dengan aktivitas menggunting!

Post a Comment