a

Lorem ipsum dolor amet, modus intellegebat duo dolorum graecis

Follow Us

Wuffyland

Menghukum Si Kecil Tanpa Kekerasan

Salah satu cara yang digunakan untuk menjadikan si kecil disiplin adalah dengan cara menghukum. Namun, yang perlu wuffy moms ketahui bahwa menghukum anak dengan cara kekerasan bukan merupakan pilihan. Kekerasan yang wuffy moms lakukan saat menghukum si kecil akan terekam menjadi memori yang tak terlupakan dan trauma psikologis yang membekas di hati.

Adapun cara menghukum anak tanpa kekerasan, yaitu dengan:

1. Batasi si kecil dalam melakukan hal-hal yang ia sukai

Membatasi si kecil dalam melakukan hal-hal yang ia sukai adalah salah satu cara menghukum si kecil yang efektif. Hukuman disini bukan berarti upaya penundukan atau kekerasan, namun sebagai bentuk melatih rasa disiplin kepada si kecil. Wuffymom bisa membatasi si kecil bermain games kesukaannya atau membeli makanan favoritnya ketika ia memiliki kesalahan.

2. Perintahkan si kecil untuk merenungi kesalahannya

Pembelajaran dalam mengatasi sebuah masalah merupakan sesuatu yang tidak bisa dipelajari instan, melainkan harus dibiasakan sejak dini. Mengajarkan si kecil untuk merenungi kesalahannya ini akan menjadikan si kecil lebih tenang serta memahami sebab dan akibat dari terjadinya sebuah masalah yang telah ia buat, sehingga ia juga dapat memiliki jalan keluar yang ia pilih.

3. Mengabaikan si kecil ketika meminta sesuatu

Hal ini akan mendidik si kecil bahwa semua yang ia inginkan tidak bisa langsung terkabul, melainkan harus membutuhkan usaha-usaha kecil untuk meraihnya.

4. Mengajarkan arti sebuah konsekuensi

Semakin banyak si kecil melakukan kesalahan, si kecil akan belajar bahwa terdapat akibat dan konsekuensi yang ia rasakan setelah melakukan kesalahan. Akhirnya, perlahan tapi pasti si kecil akan menjadi sosok yang lebih dewasa dalam menjalani kehidupannya mendatang.

5.Mengajarkan pengetahuan tentang kehidupan

Berbeda dengan pelajaran eksakta, pengetahuan tentang kehidupan merupakan satu-satunya pelajaran yang tidak diajarkan oleh guru di sekolah, melainkan dari pengalaman sehari-hari. Salah satu guru kehidupan yang paling bermakna bagi si kecil adalah orang tua. Oleh karena itu, wuffy mom dan wuffy dad dapat mengajarkan pelajaran-pelajaran sederhana dari kehidupan sehari-hari sejak dini.

Post a Comment