a

Lorem ipsum dolor amet, modus intellegebat duo dolorum graecis

Follow Us

Wuffyland

MENYIAPKAN SI ‘KAKAK’ BERTEMU ‘ADIK’

Pada usia balita, si kecil masih kesulitan ketika berhadapan dengan perubahan dalam hidupnya. Hadirnya anggota baru dalam keluarga merupakan salah satu perubahan yang sulit diterima oleh si kecil. Ada banyak kekhawatiran agar si kecil dapat menerima kehadiran sang adik nantinya. Karenanya, penting bagi Bunda untuk menyiapkan si kecil agar tidak khawatir lagi.

Tips menyiapkan si kecil menghadapi kedatangan calon adiknya:

  1. Beri tahu si kecil pada saat yang tepat, misalnya ketika perut Bunda sudah cukup besar agar si kecil dapat ‘melihat’ keberadaan calon adiknya. Jelaskan dengan sederhana dan jawab pertanyaan yang dilontarkannya. Jalin komunikasi antara si kecil dengan calon adik dengan selalu melibatkannya.
  2. Tentukan nama panggilan untuk calon adiknya, agar si kecil dapat lebih menyadari keberadaan calon adiknya. Si kecil pun dapat membantu memilihkan nama panggilan untuk calon adiknya.
  3. Jelaskan peran yang akan dilakukannya ketika calon adiknya lahir.Bunda juga dapat mengunjungi teman/saudara yang memiliki bayi agar si kecil dapat lebih paham mengenai perannya nanti.
  4. Tunjukkan foto si kecil ketika bayi dan beri tahu bahwa dia juga pernah menjadi bayi.
  5. Ajak si kecil memilih mainan baru untuk calon adiknya. Setelah bayi Bunda lahir, beri hadiah untuk sang kakak seperti kaus dengan tulisan ‘Kakak’ atau hadiah lain yang membuatnya merasa diperhatikan dan penting.
  6. Kuatkan ikatan si kecil dengan sang ayah semasa kehamilan Bunda. karena ketika calon adiknya lahir, Bunda akan mencurahkan sebagian besar perhatian Bunda pada sang bayi.
  7. Jaga agar rutinitas sang kakak tidak berubah terlalu banyak sejak adik kecilnya lahir. Biasanya perubahan yang terlalu besarlah yang membuat dia cemburu pada si kecil.

Melalui tips-tips tersebut, diharapkan si kecil dapat menerima kedatangan sang adik nantinya. Semangat, Bunda!

Post a Comment