a

Lorem ipsum dolor amet, modus intellegebat duo dolorum graecis

Follow Us

Wuffyland

Motorik Halus Pada Bayi 1 – 12 bulan

Menyaksikan perkembangan motorik bayi setiap bulannya tentu akan menjadi hal yang dinanti-nantikan oleh orangtua. Dalam setahun pertamanya, bayi akan mengalami perkembangan kemampuan yang pesat dan menakjubkan.

Keterampilan motorik halus adalah kemampuan untuk mengkoordinasi gerakan otot-otot kecil dari anggota tubuh. Keterampilan ini berpengaruh besar pada keterampilan dan kecerdasan si Kecil secara menyeluruh nanti. Itulah mengapa orangtua diharapkan untuk memahami tahapan perkembangan motorik buah hatinya, supaya memaksimalkan tumbuh kembang si Kecil di satu tahun pertamanya.

week 6 - naura

Perkembangan motorik halus pada bayi :

  • 0-3 Bulan

Bayi saat lahir sudah memiliki refleks menggenggam, Bunda bisa membuktikan dengan meletakkan salah satu jari di telapak tangannya. Setelah beberapa waktu, refleks menggenggamnya perlahan menghilang dan tangannya sering mengepal. Memasuki bulan kedua tangan masih sering mengepal, tetapi sudah lebih lentur. Lalu di bulan ketiga, jari-jarinya lebih banyak berada dalam keadaan terbuka.

Bunda bisa merangsangnya menggunakan cara merangsang telapak bayi dengan menyentuhkan kedua tulunjuk Bunda. Biarkan bayi menggenggam, lalu tarik kedua tangan. Dan juga, sentuh jemari satu persatu lalu buka atau luruskan. Pijatkan lembut pada jemari bayi.

  • 4-6 Bulan

Pada usia ini, bayi akan membiarkan jemarinya terbuka dan menggunakannya untuk bereksplorasi. Mereka sudah bisa memegang tangannya sendiri dan meraih mainan di sekitar dengan kedua tangannya.

Bunda bisa merangsangnya dengan menggunakan cara, taruh mainan gantung pada box tidurnya atau stroller. Ia bisa berlatih meraih dan memegang mainan tersebut. Dan sediakan mainan yang mudah digenggam untuk melatih jemarinya.

week 6 - naura
  • 7-9 bulan

Bayi saat berusia ini, sudah bisa memegang benda yang ada dihadapannya dengan tepat. Juga sudah bisa memindahkan benda dari tangan kanan ke tangan kirinya. Bayi mulai belajar tepuk tangan. Oh iya Bun, jangan lupa pastikan kuku bayi sudah terpotong karena di usia ini bayi sudah bisa mencubit.

Cara merangsangnya Bunda bisa melakukan dengan menggunakan soft book untuk merangsang jemarinya membuka halaman dan membalik halaman. Dan saat pemberian MPASI, berikan finger food sesuai ukuran genggaman anak.

  • 9-12 Bulan

Di usia ini, gerakan jemari mulai terampil dan semakin halus. Ia akan mulai belajar menyusun dan menumpuk benda. Dan bisa menekan-nekan tombol mainan. Kekuatan jarinya mulai bertambah.

Untuk merangsangnya Bunda bisa melakukan dengan memberikan berbagai macam bentuk dan tekstur makanan bayi saat pemberian MPASI. Biarkan ia melatih koordinasi jemari dan tangannya.

Itulah beberapa tahapan perkembangan motorik halus pada bayi yang perlu Bunda ketahui. Semangat Bunda dalam mengawasi si Kecil!!

source : canva photos

Post a Comment