a

Lorem ipsum dolor amet, modus intellegebat duo dolorum graecis

Follow Us

Wuffyland

Sampai Kapan si Kecil Tidur Bersama Orangtua?

Tidur bersama si Kecil sejak lahir memang membuat segalanya lebih mudah. Bunda tidak perlu khawatir saat ia ketakutan karena mimpi buruk. Tetapi, melatih si Kecil tidur sendiri harus dilakukan karena bermanfaat untuk melatih kemandirian mereka.

Usia berapa yang tepat untuk si Kecil belajar tidur sendiri?

Menurut panduan American Academy Pediatrics, menyarankan agar bayi tidur di ruangan yang sama (room sharing) bersama orang tua, bukan bed sharing. Sampai usia 6 bulan atau 1 tahun. Dengan catatan, menggunakan alas tidur yang tidak terlampau empuk dan jangan mengelilingi bayi dengan bantal atau selimut tebal untuk mengurangi risiko gangguan napas (SIDS).

Jika tidak memungkinkan dengan alasan untuk memudahkan proses menyusui, orangtua boleh tidur bersama dengan si Kecil sampai usia 2 tahun. Setelah berusia 2 tahun, sebaiknya si Kecil mulai tidur sendiri.

Cara membiasakan si Kecil tidur sendiri :

1. Ciptakan kamar yang nyaman

Agar si Kecil semangat tidur sendiri, ciptakan suasana kamar yang nyaman. Bisa dengan memberikan kasur, bantal, dan mainan kesukaannya untuk dibawanya tidur.

2. Bantu ia mengatasi rasa takutnya.

Mungkin si Kecil takut dengan kamar yang gelap, Bunda bisa menyiasatinya dengan memberikan lampu tidur yang berbentuk lucu. Bunda juga bisa memberikan beberapa hiasan dinding yang dapat menyala saat keadaan gelap. Sehingga, bisa membantu mengalihkan rasa takut si Kecil.

3. Biasakan secara perlahan

Awalnya si Kecil pasti kaget kalau tiba-tiba diminta tidur sendiri di kamar terpisah. Bunda bisa membiasakan nya dengan cara, misalnya latihan tidur sendiri saat tidur siang. Terus berangsur ke tidur siang dan malam hari. Atau di weekdays ia berlatih tidur di kamar sendiri, tetapi saat weekend bisa tidur di kamar orangtua.

week 6 - naura

Ada dampaknya jika si Kecil tidak dilatih tidur sendiri loh Bun!

1. Si Kecil akan cenderung bergantung kepada orangtua

2. Memiliki kecemasan atau kekhawatiran

3. Tidak berlatih mandiri

Nah, Bunda sekarang sudah tahu kapan sebaiknya si Kecil tidur sendiri. Memang tidak mudah, biasakan si Kecil untuk tidur sendiri. Semangat Bunda!!

source : canva photos

Post a Comment