a

Lorem ipsum dolor amet, modus intellegebat duo dolorum graecis

Follow Us

Wuffyland

Sifat si kecil berdasarkan urutan lahirnya!

Sebagai orang tua, Bunda perlu memahami bahwa karakter setiap anak berbeda-beda bergantung dengan pembentukan karakter yang beragam, misalnya pola asuh dan lingkungan. Tapi, beberapa orang tua juga percaya bahwa karakter anak dapat dipengaruhi oleh urutan kelahirannya dengan keunikannya sendiri. Meski tidak mutlak atau serta merta bisa dijadikan patokan untuk memahami anak, tentu tidak ada salahnya untuk mencari tahu. Dengan memahami fakta-faktanya, Bunda dapat membantunya dalam tumbuh kembang si kecil.

  • Anak Sulung:

Sebagai orang tua baru, seringkali anak sulung disebut dengan ‘kelinci percobaan’ karena belum adanya pengalaman dalam membesarkan anak. Tidak selalu menjadi hal yang buruk, sebagai anak pertama di sebuah keluarga, membuat si sulung kerap merasa harus jadi seseorang yang bisa diandalkan. Selain itu, anak sulung juga lebih mandiri dan peduli pada orang lain. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Child Development menemukan bahwa anak pertama lebih mudah untuk menyesuaikan diri karena ia gampang membuat keputusan.

  • Anak Tengah:

Anak tengah sering kali sangat berbeda dengan kakak atau adiknya.  Kevin Leman, PhD, penulis “The Birth Order Book: Why You Are the Way You Are” mengatakan, begitu peran penting diisi oleh anak sulung, anak kedua akan mencari peran yang sangat bertentangan dengan kakaknya. Oleh sebab itu, kepribadian anak tengah sulit ditebak karena muncul sebagai tanggapan dari keluarga setelah  memandang anak tertuanya.Walau begitu, anak tengah dapat bekerja sama dalam tim dengan baik dan memiliki pribadi yang diplomatis.

  • Anak Bungsu:

Orang tua cenderung membiarkan segala sesuatunya mudah bagi anak bungsu. Akibatnya, si kecil biasanya lebih sering mendapatkan kemudahan dari saudara-saudara mereka yang lain. Karenanya anak bungsu cenderung haus perhatian dan terlihat hanya ingin bersenang-senang.Walau begitu, biasanya anak bungsu memiliki tabiat berbakti kepada orang tua yang dekat dan sering menjalin komunikasi erat sampai dewasa nanti.

Source: Canva Photos

Post a Comment