a

Lorem ipsum dolor amet, modus intellegebat duo dolorum graecis

Follow Us

Wuffyland

Strategi Melatih Anak 2 Bahasa!

Tentu menjadi kebanggaan tersendiri untuk orangtua ketika anaknya memiliki kemampuan berbicara dalam sejumlah bahasa. Memang mengajari anak 2 bahasa punya tantangan tersendiri. Apalagi lingkungan Bunda hanya berkomunikasi dengan 1 bahasa saja, yaitu hanya bahasa ibu untuk komunikasi sehari-hari. Yang dimaksud dengan 2 bahasa adalah bahasa ibu (bahasa Indonesia) dan bahasa inggris.

Melansir dari Psychology Today, Strategi untuk mengajari 2 bahasa pada anak di antaranya :

1. Orangtua perlu meningkatkan penguasaan bahasa.

Anak cenderung akan mengikuti orang-orang disekitarnya terutama orangtuanya. Maka dari itu, meningkatkan kuantitas dan kualitas bahasa orangtua sangat penting dalam mengajarkan anak dengan 2 bahasa.

Anak akan lebih mudah mengenal kosakata yang lebih variatif ketika kata-kata tersebut biasa mereka dengarkan di rumah, terutama dari orang tuanya.

2. Memanfaatkan kesukaan anak.

week 6 - naura

Strategi ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengajari anak dengan 2 bahasa. Seperti, ketika anak suka dengan film Frozen, ajaklah anak menonton film tersebut secara berulang. Dengan ini, penyerapan kosakata baru akan lebih mudah bagi anak.

3. Mempertimbangkan pendidikan yang didukung 2 bahasa.

Zaman sekarang sudah banyak sekolah yang menawarkan 2 bahasa sebagai pengantar pelajaran anak di sekolah. Strategi ini sangat membantu anak, karena anak akan terbiasa berinteraksi dengan teman atau guru yang menggunakan 2 bahasa juga.

Nah itulah Bunda beberapa strategi dalam mengajari anak dalam 2 bahasa yang bisa Bunda coba… Semangat Bunda!!

source : canva photos

Post a Comment