19 Agustus 2023 10:57 am

Sikap Orang Tua Dapat Menyakiti Hati Anak

Sikap Orang Tua Dapat Menyakiti Hati Anak
WuffyParents tau tidak kalau ternyata ada beberapa sikap orang tua yang bisa menyakiti hati si Kecil loh😨-

Sebagai manusia biasa kita pastinya juga bisa berbuat kesalahan, akan tetapi tidak ada kata terlambat untuk memperbaikinya. Sikap orang tua yang menyakiti hati si Kecil secara sengaja maupun tidak sengaja bisa berdampak jangka panjang hingga mereka beranjak dewasa. Bahkan ada beberapa kasus yang mengharuskan mereka untuk terapi agar rasa trauma di dalam diri mereka sembuh sepenuhnya. Sebagai orang tua, kita sebaiknya bisa lebih memperhatikan faktor psikologis si Kecil dan tentunya faktor perkembangan tubuh mereka.
-

Berikut ada beberapa sikap dan kata-kata yang sebaiknya kita hindari ketika menghadapi si Kecil:

1. Memarahi Anak di Depan Umum

-

WuffyParents, memarahi anak di depan umum akan membuat mereka merasa dipermalukan. Selain itu, si Kecil bisa kehilangan rasa kepercayaan diri mereka jika kita sering memarahinya di depan umum. Kebiasaan buruk ini juga dapat menimbulkan pribadi yang egois dan arogan. Nantinya mereka bisa menganggap bahwa memarahi seseorang di depan umum adalah kegiatan yang lumrah.


2. Melakukan Kekerasan Fisik

-

Kebiasaan buruk satu ini mungkin sering dilakukan banyak orang terlebih bagi mereka yang tidak dapat menahan emosi mereka dengan baik, sehingga mereka lebih memilih untuk melampiaskan dengan cara memukul atau mencubit anak. Ketika orang tua melakukan kekerasan fisik terhadap si Kecil karena sedang mendisiplinkan maupun secara tidak sengaja nyatanya dapat melukai hati mereka loh. Jika ini berlangsung lama dapat menyebabkan trauma mendalam bagi si Kecil dan bisa membuat renggangnya hubungan antara si anak dan orang tua.


3. Membandingkan Dengan Saudara Kandung

-

Siapa sih yang suka dibanding-bandingkan? Terlebih lagi dengan saudara kandung kita, pastinya tidak ada yang suka dan yang ada hanya timbulnya rasa sakit hati. Tentu saja perbuatan orang tua satu ini juga sebaiknya tidak kita lakukan ya WuffyParents karena dapat menyakiti hati si Kecil.


4. Melanggar Privasi Anak

-

Setiap orang pastinya memiliki sebuah privasi atau rahasia mereka masing-masing, termasuk anak-anak. WuffyParents sebaiknya tidak melewati batas privasi si Kecil ketika sedang memantau mereka, tetap pada batasan yang wajar saja. Melanggar privasi anak dapat menyebabkan mereka merasa tertekan dan juga kehilangan rasa percaya kepada orang tuanya.

5. Menyebut Anak Sebagai Beban

-

Ketika si Kecil melakukan kesalahan yang sama secara berulang hindari menyebut mereka sebagai beban ya WuffyParents. Karena ketika kita secara terus menerus menyebut mereka beban sengaja maupun tidak disengaja tetap akan menyakiti hati mereka dan membuat si Kecil merasa menjadi beban secara nyata ketika besar nanti.

Sebagai manusia yang tidak sempurna kita pastinya harus terus berusaha untuk berproses menjadi yang lebih baik lagi sama hal nya seperti menjadi orang tua, pelan-pelan kita harus terus berubah untuk menjadi orang tua versi terbaik bagi anak-anak kita. WuffyParents, sesama manusia biasa kita wajib saling mengingatkan ketika mengetahui ada hal negatif di sekitar kita. Semoga kita dapat selalu memberikan kasih sayang sepenuhnya kepada anak-anak kita🥰❤️-
Blog Post Lainnya
-

Produk Wuffyland Lainnya

Alamat
0815-1506-4546
wuffyland@gmail.com
Jl. Kalimosodo XII No. 2, Polehan, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia
Media Sosial
Newsletter
`Subscribe
@2024 wuffyland Inc.