19 Agustus 2023 11:11 am

Apa Itu Brain Fog Setelah Menjadi Ibu?

Apa Itu Brain Fog Setelah Menjadi Ibu?
Setelah menjadi seorang ibu tentunya kita akan merasakan banyaknya sebuah perubahan yang terjadi, salah satunya brain fog.
WuffyMoms ada yang tau ga nih brain fog itu apa?

-

Brain Fog atau Mommy Brain adalah sebuah istilah yang digunakan untuk memggambarkan kondisi seorang wanita yang merasa menjadi lebih pelupa, tidak kompeten, tidak mampu, dan seolah-olah seperti tidak akan pernah kembali. Meskipun terdengar seperti sesuatu yang mengerikan, nyatanya gejala-gejala tersebut tidak akan menjadikan kita sebagai suatu objek perhatian dari orang-orang.

WuffyMoms tidak perlu khawatir jika merasa sendiran yang mengalami brain fog tersebut, karena seorang dokter obgyn, Kristina Jones, memperkirakan setidaknya 50 hingga 80 persen wanita pasca persalinan akan mengalami brain fog atau mommy brain. Bahkan Nikita Willy pun merasakan hal ini juga lho. “Faktor lingkungan memainkan peran besar. Seorang wanita mungkin menggunakan kapasitas fungsi kognitif dasarnya dari hari ke hari. Kemudian Anda menambahkan seorang anak, sehingga tuntutan multitasking segera meningkat,” "Seorang wanita mungkin tidak hanya menghadapi kurang tidur dari jadwal baru lahir dan perubahan fisik tubuhnya, tetapi juga stres karena melanjutkan tanggung jawab pekerjaan, di antara stresor lainnya. Saat wanita mengalihkan prioritas pada anak mereka, mudah lupa mengurus diri sendiri. Bagi beberapa wanita, pergeseran konsentrasi atau ingatan berlangsung lebih dari dua bulan," tutur Kristina, dikutip dari BSW Health.

Nah WuffyMoms gaperlu khawatir nih, karena brain fog bisa kita atasi dengan beberapa cara berikut:

1. Istirahat Yang Cukup

-

WuffyMoms jangan lupa untuk istirahat yang cukup ya! Perhatikan juga pola tidur, karena setiap orang pada dasarnya memerlukan setidaknya 7-9 jam setiap malamnya untuk tidur. Tidur dan istirahat yang cukup dapat memperbaiki suasana hati dan meningkatkan daya ingat kita.

2. Makan Makanan Yang Sehat

-

Selain memenuhi kebutuhan istirahat, kita perlu juga untuk memenuhi kebutuhan gizi dengan cara memakan makanan yang sehat. Dan bila perlu bisa juga meminum vitamin prenatal sebagai penunjang pertumbuhan dan kesehatan sel otak.

3. Olahraga Rutin

-

Satu hal lagi nih yang penting, olah raga. Pastinya dengan berolahraga rutin akan memberikan efek manfaat yang banyak bagi tubuh kita, salah satu manfaatnya adalah melancarkan sirkulasi darah dan mengoptimalkan proses saraf di dalam otak kita.

4. Fokus Pada Satu Tujuan

-

Aktivitas yang dilakukan sebagai ibu baru pastinya tidak hanya satu saja, kita harus bergerak untuk mengganti popok, membuat susu, bersih-bersih rumah, dan sebagainya. Meskipun ada banyak yang harus dilakukan sebaiknya WuffyMoms tetap memfokuskan ke satu aktivitas terlebih dahulu. Lakukan semuanya secara perlahan dan terjadwal.

Untuk para WuffyMoms yang baru saja atau bahkan sedang bersiap menjadi seorang ibu jangan takut dan bingung untuk menghadapi brain fog ini yaaa. Kita bisa mengantisipasi dengan cara mempelajari gejala-gejalanya. Semangat dan bahagia selalu WuffyMoms!♥️-
Blog Post Lainnya
-

Produk Wuffyland Lainnya

Alamat
0815-1506-4546
wuffyland@gmail.com
Jl. Kalimosodo XII No. 2, Polehan, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia
Media Sosial
Newsletter
`Subscribe
@2024 wuffyland Inc.